Kompetensi Operasional

Reliability Centered Maintenance (RCM)

5/5

Rp 960.000,-

  • Pengerjaan eTraining cukup Click and Play
  • Materi Berbahasa Indonesia
  • Waktu pengerjaan eTraining yang fleksibel
  • Tidak ada biaya tambahan apapun lagi.
* Tersedia diskon 250k untuk pembelian pertama

Apa gunanya ikut eTraining ini?

RCM adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memastikan peralatan operasi melakukan fungsi yang diharapkan sesuai dengan operating context saat ini. RCM merupakan metoda study untuk menghasilkan improvement terhadap peralatan operasi yang ada. Proses improvement melalui RCM didefinisikan ulang dari awal yaitu identifikasi FUNGSI dari peralatan tersebut.

Metoda utama dalam RCM adalah FMECA (Failure Mode Effect & Criticality Analysis) yang merupakan proses streamlined dari FMEA (Failure Mode Effect Analysis). Secara umum melalui RCM, kita diajak untuk mengenal peralatan operasi dan mengetahui dengan jelas apa saja kemungkinan peralatan tersebut bisa gagal, bagaimana efeknya dan bagaimana cara mengelola kegagalan tersebut.

Sederhananya, RCM akan memungkinkan Anda untuk menentukan mana mesin/peralatan yang memerlukan Preventive Maintenance, Predictive Maintenance, atau bahkan Corrective Maintenance.

RCM dapat membantu perusahaan untuk mengetahui dengan lebih jelas praktik perawatan yang dibutuhkan secara hemat biaya (cost effective). Kunci dari pelaksanaan RCM ini adalah konsistensi terhadap sumber daya yang diperlukan ketika Study dan Implementasinya.

Pembahasan eTraining ini antara lain :

  1. Introduction to RCM
  2. Reliability dan Availability
  3. Improving Productivity
  4. Calculating Failure Rate and Reliability
    • System in Series
    • System in Parallel
    • Mixed System
    • Active Redundancy System
    • Passive Redundancy System
    • Component Redundancy Vs System Redundancy
  5. Reliability Curve and Preventive Maintenance
  6. Turnarounds and RCM Implementation Flowchart

eTraining ini, akan mengajarkan Anda kalkulasi Reliability Centered Maintenance – RCM secara mudah dan praktis. Sehingga Anda bisa meningkatkan Availability mesin/peralatan, sekaligus mengoptimalkan budget maintenance yang tersedia.

Dengan menguasai eTraining ini, maka kompetensi Anda sebagai seorang Maintenance Profesional akan meningkat. Dimana akhirnya, hal tersebut akan memperbesar kesempatan Anda untuk meningkatkan karir profesional Anda.

Untuk siapa eTraining ini?

Topik eTraining ini, sangat perlu di ikuti oleh :

  1. Karyawan level senior staff, supervisor, assistant manager, hingga manager dari departemen Maintenance atau Engineering.
  2. Anda yang ingin berkarir / melamar kerja pada bidang kerja Maintenance atau Engineering tersebut diatas.

Fasilitas eTraining

Dengan membeli eTraining ini, maka Anda mendapatkan :

  • Akses (masa aktif) pada topik eTraining ini selama 2 tahun.
  • Sertifikat (Certificate of Accomplishment).
  • Gratis biaya pengiriman sertifikat. *
  • Mendapat 3 kali kesempatan mengikuti Final Test.

Note :
Gratis ongkos kirim sertifikat, hanya berlaku untuk wilayah Indonesia. Pengiriman sertifikat ke Malaysia, Timor Leste, Brunai, dan luar negeri lainnya dikenai tambahan ongkos kirim.

TUNGGU APALAGI ?

Selesaikan eTraining, dan dapatkan sertifikat bukti kompetensi-nya..

* Tersedia diskon Rp 250k untuk pembelian pertama
Contoh tampilan sertifikat eTraining Indonesia

Frequently Asked Questions

Most frequent questions and answers

Bagaimana menggunakan eTraining ini?

Pelaksanaan dan penggunaan eTraining ini sangatlah mudah. Semudah Click and Play!

Cukup kerjakan di depan laptop / komputer Anda. Tak perlu keluar kantor atau rumah. Bahkan bisa sambil makan hingga tiduran.

Namun, yang terpenting, Anda bisa mengulang semua pelajaran dalam modul eTraining ini hingga berkali-kali. Dengan begitu, nantinya Anda akan lebih mudah menjawab pertanyaan, dan mendapat nilai tinggi ketika Final Test.

Kapan saya menerima sertifikat?

Sertifikat akan kami kirimkan melalui jasa kurir/ekspedisi, setelah Anda berhasil menyelesaikan eTraining pilihan Anda. Normalnya, sertifikat akan Anda terima dalam rentang waktu antara 3 hari hingga 2 minggu setelah Anda menyelesaikan sebuah topik eTraining.

Hal ini tergantung jarak maupun lokasi pengiriman.

Akan tetapi, bilamana sertifikat tidak juga sampai ke tangan Anda setelah 30 hari sejak tanggal kelulusan eTraining, silahkan hubungi kami. Kami akan membantu Anda mendapatkan sertifikat Anda kembali, atau mengirim ulang sertifikat pengganti tanpa dipungut biaya tambahan alias GRATIS.

Jadwal event / eTraining-nya kapan?

Sekarang..!

eTraining ini mengadopsi metode asynchronous learning dalam pembelajarannya. Sehingga Anda tidak perlu terikat dengan jadwal maupun lokasi ketika mengerjakan eTraining.

Jadi, dengan kata lain : Tidak ada jadwal yang harus Anda ikuti. Anda bisa mengerjakan eTraining ini kapan saja, dan dimana saja.

Apakah saya mendapat hardcopy materi?

Tidak. Satu-satunya yang kami kirimkan kepada Anda dalam bentuk fisik adalah Sertifikat Kelulusan (Certificate of Accomplishment).

Akan tetapi, setelah membeli sebuah topik eTraining, Anda bisa mengakses materinya berkali-kali. Bahkan setelah Anda menyelesaikan dan lulus eTraining tersebut. Dengan cara ini, Anda tetap bisa me-refresh memori pikiran Anda terkait pelajaran eTraining yang telah Anda ikuti.

Hal ini jauh lebih menguntungkan dibanding memiliki sebuah file materi dalam format pdf atau power point. Sebab, memory pikiran kita tidak perlu bekerja keras untuk mengimajinasikan setiap detail penjelasan.

Sehingga, dengan eTraining, Anda mendapatkan pengulangan materi yang sama persis, dengan materi yang Anda pelajari sebelumnya. Tanpa pengurangan, walau hanya sedetik.

DAFTAR TRAINING ONLINE

Ikuti langkah 4.800+ member eTraining Indonesia

Selesaikan eTraining-nya dan dapatkan sertifikat bukti kompetensi Anda.