Kompetensi Operasional

Reliability Centered Maintenance (RCM)

5/5

Training Online Bersertifikat untuk Anda yang akan, atau sedang menjabat sebagai personel Maintenance dan Engineering. Selesaikan eTraining-nya guna mendapatkan sertifikat sebagai bukti kompetensi Anda.

Rp 960.000

*****

  • Pengerjaan eTraining cukup Click and Play
  • Materi Berbahasa Indonesia
  • Pengerjaan cukup beberapa jam saja
  • Bisa dikerjakan kapan saja, dan dimana saja
  • Dapat 3 kesempatan mengerjakan Final Test (soal multiple choice)
  • Pasti dapat sertifikat
  • Tidak ada biaya tambahan apapun lagi

SILABUS eTRAINING

Apa gunanya ikut eTraining ini?

RCM adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memastikan peralatan operasi melakukan fungsi yang diharapkan sesuai dengan operating context saat ini. RCM merupakan metoda study untuk menghasilkan improvement terhadap peralatan operasi yang ada. Proses improvement melalui RCM didefinisikan ulang dari awal yaitu identifikasi FUNGSI dari peralatan tersebut.

Metoda utama dalam RCM adalah FMECA (Failure Mode Effect & Criticality Analysis) yang merupakan proses streamlined dari FMEA (Failure Mode Effect Analysis). Secara umum melalui RCM, kita diajak untuk mengenal peralatan operasi dan mengetahui dengan jelas apa saja kemungkinan peralatan tersebut bisa gagal, bagaimana efeknya dan bagaimana cara mengelola kegagalan tersebut.

Sederhananya, RCM akan memungkinkan Anda untuk menentukan mana mesin/peralatan yang memerlukan Preventive Maintenance, Predictive Maintenance, atau bahkan Corrective Maintenance.

RCM dapat membantu perusahaan untuk mengetahui dengan lebih jelas praktik perawatan yang dibutuhkan secara hemat biaya (cost effective). Kunci dari pelaksanaan RCM ini adalah konsistensi terhadap sumber daya yang diperlukan ketika Study dan Implementasinya.

Pembahasan eTraining ini antara lain :

  1. Introduction to RCM
  2. Reliability dan Availability
  3. Improving Productivity
  4. Calculating Failure Rate and Reliability
    • System in Series
    • System in Parallel
    • Mixed System
    • Active Redundancy System
    • Passive Redundancy System
    • Component Redundancy Vs System Redundancy
  5. Reliability Curve and Preventive Maintenance
  6. Turnarounds and RCM Implementation Flowchart

eTraining ini, akan mengajarkan Anda kalkulasi Reliability Centered Maintenance – RCM secara mudah dan praktis. Sehingga Anda bisa meningkatkan Availability mesin/peralatan, sekaligus mengoptimalkan budget maintenance yang tersedia. 

Dengan menguasai eTraining ini, maka kompetensi Anda sebagai seorang Maintenance Profesional akan meningkat. Dimana akhirnya, hal tersebut akan memperbesar kesempatan Anda untuk meningkatkan karir profesional Anda.

Untuk siapa eTraining ini?

Topik eTraining ini, sangat perlu di ikuti oleh :

  1. Anda yang bekerja sebagai engineer / staff di departemen Maintenance, Industrial Enginering, dan Mechanical Engineering, serta Electrical Engineering.
  2. Supervisor hingga Senior Manager / General Manager dari departemen Maintenance / Engineering.
  3. Konsultan / praktisi bidang Maintenance Engineering / Total Productive Maintenance.
  4. Konsultan / praktisi bidang Lean manufacturing / Lean Management dan Toyota Production System.
  5. Anda yang memiliki job description untuk menjaga, merawat, dan meningkatkan performa mesin / peralatan kerja di perusahaan Anda.

Fasilitas eTraining

Dengan membeli eTraining ini, maka Anda mendapatkan :

  • Akses (masa aktif) pada topik eTraining ini selama 2 tahun.
  • Sertifikat (Certificate of Accomplishment).
  • Gratis biaya pengiriman sertifikat. *
  • Mendapat 3 kali kesempatan mengikuti Final Test.

Note :
* Gratis ongkos kirim sertifikat, hanya berlaku untuk wilayah Indonesia. Pengiriman sertifikat ke Malaysia, Timor Leste, Brunai, dan luar negeri lainnya dikenai tambahan ongkos kirim.

Tunggu Apalagi ?

Selesaikan eTraining
Dapatkan sertifikat bukti kompetensi-nya..

contoh tampilan sertifikat eTraining Indonesia

Bagaimana menggunakan eTraining ini?

Pelaksanaan dan penggunaan eTraining ini sangatlah mudah. Semudah Click and Play!

Cukup kerjakan di depan laptop / komputer Anda. Tak perlu keluar kantor atau rumah. Bahkan bisa sambil makan hingga tiduran.

Namun, yang terpenting, Anda bisa mengulang semua pelajaran dalam modul eTraining ini hingga berkali-kali. Dengan begitu, nantinya Anda akan lebih mudah menjawab pertanyaan, dan mendapat nilai tinggi ketika Final Test.

Jadwal event / eTraining-nya kapan?

Sekarang..!

eTraining ini mengadopsi metode asynchronous learning dalam pembelajarannya. Sehingga Anda tidak perlu terikat dengan jadwal maupun lokasi ketika mengerjakan eTraining.

Jadi, dengan kata lain : Tidak ada jadwal yang harus Anda ikuti. Anda bisa mengerjakan eTraining ini kapan saja, dan dimana saja.

Untuk berbagai pertanyaan lain yang sering ditanyakan, silahkan kunjungi Halaman FAQ.

Testimoni Alumni

"eTraining RCM yang saya ikuti sangat mudah dipahami, dengan penjelasan yang ringkas dan sederhana. Sangat membantu saya yang memerlukan refreshment terkait topik tersebut. Keep the good work untuk Integra eTraining!"
testi Pak Budi
Budi T. Wicaksono
Maintenance Manager
"Menurut opini saya, eTraining sangat membantu perkembangan kompetensi kami sebagai karyawan dan profesional. Saya juga mendapatkan ilmu dan wawasan baru. Kendala yang ada, saya kira hanya koneksi internet saja yang terkadang drop. Secara keseluruhan, e-training ini sangat perlu untuk di ikuti."
foto Pak Mardiyanto
FX. Mardiyanto
PPC Department Head
"Di Palu-Sulawesi, sangat sulit untuk mendapat training bermutu. Biasanya harus ke Jawa untuk ikut training. Sedangkan tempat kerja kami bukan termasuk perusahaan besar, sehingga seringkali persoalan biaya menjadi penghambat untuk mengikuti sebuah training. Namun dengan adanya training online ini, sekarang kami bisa training tanpa perlu keluar kantor. Dan biayanya sangat terjangkau."
testimoni akbar
Akbar Firdaus W.
Production Dept. Team Leader
"Integra E-training sangat bermanfaat, membantu khalayak umum yang ingin mengikuti pelatihan tetapi tidak bisa, karena terkendala biaya. Staff mereka juga sangat membantu dan responsif."
Foto mas Reza
Reza Zulfan
Freshgraduate Teknik Fisika ITS

Daftar Training Online

Ikuti langkah 2.300+ member eTraining Indonesia

Selesaikan eTraining-nya dan dapatkan sertifikat bukti kompetensi Anda.